The Federal Reserve System : Watch The China

Reza Aswin | 8 September 2015

 

Data ketenaga kerjaan Amerika Serikat, Non Farm Payroll tidak dapat memberikan informasi terhadap kenaikan suku bunga The Fed.  penambahan 173.000 pekerjaan bulan lalu, melambat setelah kenaikan direvisi naik dari 245.000 pada bulan Juli. Ini adalah kenaikan terkecil dalam pekerjaan dalam lima bulan dan di bawah ekspektasi untuk 220.000. Disisi lain tingkat pengangguran semakin berkurang menjadi 5,1%, level terendah sejak April 2008 dari 5,3% pada bulan Juli, sementara rata-rata upah per jam naik 2,2% lebih kuat dari yang diperkirakan. Data ini walaupun dapat diartikan sebagai penguatan US Dollar tetapi pengaruh perlambatan ekonomi dunia yang dimotori oleh China ternyata mempunyai dampak terhadap tenaga kerja di Amerika.

Tanpa alasan yang jelas pasar ekuitas Cina telah jatuh 40 % sejak pertengahan Juni, meskipun pihak berwenang berusaha merespon dengan melepaskan kebijakan keuangan dalam berbagai versi untuk menahan free fall market yang terjadi. Selain telah 5 kali China turunkan suku bunga sejak November 2014, devaluasi mata uang Yuan tanggal 11 agustus 2014 , sampai sampai pemerintah china memperkenalkan “

“Circuit breaker” Suatu system yang bertujuan mencegah pasar Free Fall sehingga dengan system ini Investor dapat berfikir sejenak secara rasional.

Selain itu pemerintah china juga mengumumkan bahwa investor China yang memegang saham mereka selama lebih dari satu tahun akan dibebaskan dari pajak dividen 5%, sehingga diharapkan para pemegang saham mempunyai uang untuk BUY stock yang sudah turun terlalu banyak. Begitu gencarnya pemerintah china berusaha menahan gempuran pasar yang bergerak secara berlebihan akhir akhir ini, karena memburuknya data ekonomi China yang semakin hari semakin memburuk, dimana perdagangan luar negeri China turun 9,7% pada bulan Agustus. Data Bea Cukai menunjukkan bahwa ekspor untuk Agustus turun 6,1% walaupun impor turun 14,3%, sehingga terlihat bahwa dalam 8 bulan terakhir terlihat, impor turun 14,6% sementara ekspor turun 1,6%. Selain itu. Data resmi menunjukkan cadangan devisa China, turun rekor $ 93,9 Milyard pada bulan Agustus, Kita tentunya sudah dapat menganalisa bahwa turunnya cadangan devisa ini setidaknya berkaitan dengan intervensi pemerintah China guna membendung slide di yuan CNY = CFXS agar tidak menyusul kejutan devaluasi di mata uang.

Banyaknya data yang buruk dan banyaknya usaha pemerintah China untuk membendung jatuhnya pasar equitas serta sudah terlalu dalammya Stock terpuruk maka kita harus melihat adanya koreksi pada fase ini dan tentunya ini bukan harga trending. Wajarlah bila dalam tulisan saya sebelum artikel ini mengatakan bahwa pasar akan cenderung sideways menjelang FOMC Meeting minggu depan. Seharus nya minggu ini Player  Win dan Bankers Lose .

Guy’s…You Know That

About Reza Aswin

To contact the editor responsible for this story : Reza Aswin at PT. ABC Future Indonesia, Email : rezafile1966@gmail.com

Check Also

Party is Over

Reza Aswin, 8 Mei 2017 Party is Over   Bagi para analis Fundamental, ini merupakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Hubungi Kami