The Proposals : Ball now in creditors

Reza Aswin | 23 Juni 2015

 

Menteri keuangan zona euro menyambut baik itikad pemerintah Yunani. Proposal baru Yunani untuk Kesepakatan Cash-for-Reformasi mulai diterima pada hari Senin, tetapi TROIKA perlu studi rinci dan itu akan mengambil beberapa hari kedepan untuk menentukan apakah mereka dapat menyepakati untuk mencegah default.

Proposal yang diajukan oleh pemerintah Yunani saat ini tidak lepas dari kerasnya troika dan tekanan / political reasons yang dihadapi Alexis Tsipras.  Seperti kita ketahui bahwa “Athens has to make a 1.6 billion euro repayment to the IMF by June 30 or be declared in default, potentially triggering capital controls to stem a bank run and pushing Greece closer to the exit from the euro zone”. 

Point yang diajukan dalam proposal kesepakatan tersebut antara lain :

1. Reformasi Pajak : mereformasi sistem kepajakan dengan menaikan pajak / nilai tambah mencapai 23 %.

2. Reformasi Pensiun : mereformasi usia pensiun secara bertahap diperpanjang sampai 67 tahun dan menunda pensiun dini.

Kedua point ini tentunya menjadi inti dari proposal kesepakatan baru yang di ajukan oleh pemerintah Yunani agar negara ini mendapat bantuan liquiditas dari ECB (walaupun secara de facto ECB telah membantu bank di Yunani untuk likuiditas agar tidak terjadi out flow besar besaran di Yunani).

Walaupun terlihat sudah baik proposal ini , tetapi sebenarnya apa yang masih mengganjal di benak petinggi TROIKA. Masalah tunjangan kesehatan dan anggaran belanja pemerintah Yunani selalu menjadi polemik, karena kita ketahui bersama bahwa Yunani sampai terpuruk karena tingginya tingkat Korupsi, Neraca perdagangan yang negatif dan rendahnya penerimaan pajak di negara tersebut. Selama bertahun tahun Yunani hidup dari Surat hutang yang dilakukan oleh rezim rezim terdahulu, sehingga saat ini negara tersebut terancam Default.

Akan kah negara yang mempunyai daerah wisata terbaik di dunia ini akan lepas dari Krisis Keuangan ini atau akan keluar dari Uni Eropa ? Jika kita bisa menjawabnya maka kita sudah bisa mengerti ANALISA FUNDAMENTAL.

Perlu kita fikirkan bersama bahwa : ” So in an environment where the RBA, RBNZ and ECB are either easing or talking about doing so, the dollar remains attractive”.

About Reza Aswin

To contact the editor responsible for this story : Reza Aswin at PT. ABC Future Indonesia, Email : rezafile1966@gmail.com

Check Also

Party is Over

Reza Aswin, 8 Mei 2017 Party is Over   Bagi para analis Fundamental, ini merupakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Hubungi Kami