US Dollar Dovish ?

Reza Aswin, 3 April 2016

 

US Dollar Dovish ?

 

Banyak Client bingung dan bertanya kepada saya apakah US Dollar Dovish? . Secara sederhana tentunya saya akan bertanya balik : Dalam jangka pendek atau jangka panjang ?

Dalam jangka pendek tentunya kita harus melihat suatu kenyataan bahwa Janet Yellen telah menyiratkan bahwa keadaan perekonomian Amerika ternyata tidak IMUN / KEBAL terhadap perekonomian global dan merosotnya harga minyak dunia. DOVISH merupakan pernyataan petinggi The Fed yang dirilis saat press conference dan pidatonya bulan lalu didepan ekonom di New York. Market Sentiment atas pelemahan US Dollar tercermin  dari dirilisnya pasar tenaga kerja jumat lalu yang disusul dengan data ISM yang naik, tetapi US Dollar menguat sementara dan diakhiri dengan pelamahan yang cukup signifikan.

Dalam Jangka panjang tetntunya kita harus realistis bahwa perbaikan perekonomian negara super power dalam 1 tahun terakhir sangat baik dan menurut saya jauh diatas perkiraan semua ekonom dunia. Tetapi karena faktor external maka The Fed harus melakukan adjustment terhadap kebijakan moneter yang ada, sehingga penguatan US Dollar hanyalah suatu penundaan yang bersifat sementara.

Dalam menganalisa kita tidak boleh meninggalkan indikasi indikasi yang akan mempengaruhinya, dimana itu akan memberikan signal pembalikan yang signifikan dalam menganalisa fundamental. Secara umum bisa dikatakan bahwa perbaikan perekonomian di China pada saat nya nanti membuat suatu signal bagi The Fed untuk menaikan suku bunga pada periode berikutnya. Point nya adalah adanya suatu saat ada kejadian dimana harga stock akan naik sementara dan turun dengan cepat karena investor melihat adanya peluang perekonomian Amerika kembali menjadi HAWKISH. Jadi saat ini para pelaku pasar sedang menunggu moment yang tepat untuk membeli US Dollar dalam jumlah besar. Kapan itu terjadi ? Pelemahan US Dollar hanyalah bersifat sementara  dan signal fundamental penguatan US Dollar akan muncul dan ter visualisasi bersama dengan indikator teknikal yg ada pada MT4 PLATFORM

” Does this mean that the dollar is doomed? the Answer is …”

About Reza Aswin

To contact the editor responsible for this story : Reza Aswin at PT. ABC Future Indonesia, Email : rezafile1966@gmail.com

Check Also

Party is Over

Reza Aswin, 8 Mei 2017 Party is Over   Bagi para analis Fundamental, ini merupakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Hubungi Kami