Saturday , 27 November 2021

Analisa EURUSD Sesi Open Pasar Uang Eropa

Jakarta, Selasa, 2 Februari 2021 : 14.47 WIB by Yohanes

News :

  1. Sekutu dari Presiden Brazil, Jair Bolsonaro memenangkan kendali pemilihan anggota kongres baik untuk Majelis Tinggi maupun Majelis Rendah. Majelis Rendah yang dipimpin oleh Arthur Lira diharapkan membantu Presiden sekarang dalam mendorong agenda reformasi ekonomi demi mengurangi deficit anggaran akibat pandemic Covid19.
  2. Partai NLD meminta Wyn Mint melalui Facebook segera membebaskan Aung San Suu Kyi. AS mengancam akan memberlakukan kembali sanksi yang dulu pernah dijatuhkan pasca penyekapan Aung San Suu Kyi yang keberadaannya hingga saat ini tidak diketahui. AS perlu ambil langkah ini demi mengurangi pengaruh China ke Myanmar yang semakin meningkat.
  3. Diplomat Tinggi China meminta AS dan China memperbaiki hubungan yang terpuruk selama pemerintahan Ex President USA, Donald Trump dan meminta AS untuk tidak lagi mengurusi urusan dalam negeri China.
  4. Potensi pertumbuhan rendah dan pandemic Covid19 diprediksi membuat Jepang deflasi setidaknya hingga awal tahun 2022. Sebab itu Bank of Japan, akan mengeluarkan kebijakan suku bunga jangka panjang dan juga memberikan banyak pinjaman bagi investasi di jalur hijau dan digital.
  5. Pendiri Alibaba Group, Jack Ma, tidak dimasukkan dalam daftar pemimpin wirausaha China yang diterbitkan oleh media pemerintah – penghinaan itu menggarisbawahi seberapa jauh dia tidak disukai oleh Beijing.
  6. Harga minyak naik Selasa (02/02/2021) pagi lantaran kuatnya ekspektasi pemulihan ekonomi global dari COVID-19 memacu harapan pemulihan permintaan bahan bakar. Harga minyak Brentnaik 0,98% ke $56,88 per barel menurut data Investing.com dan harga minyak WTI naik 1,03% di $54,10 per barel pukul 11.19 WIB. Saudi Aramco (SE:2222) memperkirakan bahwa permintaan akan kembali ke level sebelum kemunculan COVID-19 pada tahun ini. Sementara Royal Dutch Shell membeli lima kargo minyak mentah dari Laut Utara. Pembelian Shell adalah jumlah kargo terbanyak dari nilai tolok ukur dalam satu hari selama sepuluh tahun terakhir di jendela harga S&P Global Platts. Investor juga menunggu data pasokan minyak mentah AS dari American Petroleum Institute, yang akan diumumkan pada sesi AS hari ini.
  7. Harga emas turun pada Selasa (02/02) pagi akibat profit taking, tetapi para investor pun masih dapat membukukan keuntungan pada perdagangan perak.
  8. Perusahaan Energi Brazil, Eneva memenangkan tender putaran pertama dalam pembelian kompleks ladang minyak di hutan hujan Amazon.

 

Kesimpulan :

Data ekonomi baik USD, EUR, AUD, JPY hari ini sama dengan kemarin 1 Feb 2021. Dari news masih berkutat pada Myanmar pasca penggulingan pemimpin sah, Aung San Suu Kyi. Di sisi lain, perdagangan emas anjlok karena profit taking. Sedangkan minyak dunia bergerak naik karena ada optimisme terhadap peningkatan permintaan walaupun terjadi penurunan konsumsi BBM di Asia akibat lockdown.

Posisi dan pair yang di ambil :

-EURUSD

-SELL

 

Taking profit di        :

About Reza Aswin

Check Also

Inflasi Inggris berada di Tingkat Tertinggi dalam 10 Tahun

Rio Wibawa Jakarta, 18 November 2021, 09:17 WIB   Angka data inflasi Inggris yang berada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Hubungi Kami