Saturday , 27 November 2021

Rencana TAPER EROPA Mendorong Penguatan EUR

Bandung, 3 September 2021, 09.00WIB, oleh Santosa Tjie

Bank Sentral Eropa akan mengumumkan pengurangan stimulus terkait Covid pada Desember, demikian menurut empat analis yang mengatakan kepada CNBC di tengah perbaikan ekonomi di zona euro. β€œDugaan saya adalah bahwa mereka mungkin akan melakukannya pada bulan Desember,” demikian Gilles Moëc, kepala ekonom kelompok di AXA Investment Managers, mengatakan kepada CNBC pada hari Rabu.

Data awal yang dirilis Selasa menunjukkan kawasan euro mengalami tingkat inflasi tertinggi dalam satu dekade pada bulan Agustus di 3% dari tingkat vaksinasi yang tinggi dan pelonggaran pembatasan Covid di wilayah tersebut. ECB telah mengatakan mengharapkan lonjakan harga konsumen tahun ini, meskipun karena faktor sementara. Tujuan bank sentral adalah untuk mencapai tingkat inflasi headline 2% dalam jangka menengah. Jika tingkat inflasi yang lebih tinggi bertahan, ini akan menambah tekanan pada ECB untuk mengembalikan stimulusnya lebih cepat.

Dia mengatakan bahwa situasi ekonomi di zona euro diuntungkan dari tingkat vaksinasi yang tinggi dan kehati-hatian secara keseluruhan untuk menghindari pencabutan semua pembatasan Covid. Di seluruh Uni Eropa yang lebih luas, 70% dari populasi orang dewasa telah divaksinasi penuh terhadap virus corona .

Situasi terbalik terjadi di Australia. Pemerintah federal Australia pada hari Jumat akan berupaya meyakinkan negara bagian dan teritori yang akan ikut pembukaan kembali dari penguncian COVID-19 nasionalnya karena peningkatan infeksi yang stabil di Sydney dan Melbourne dari varian Delta, bahwa itu akan memicu kekhawatiran di negara bagian yang bebas virus. Kabinet nasional – sekelompok pemimpin federal dan negara bagian – akan bertemu di Queensland dan Australia Barat menandai bahwa mereka dapat menunda rencana untuk membuka perbatasan mereka karena tingkat vaksinasi baru mencapai 36% saat ini. Mereka menyarankan untuk menunda pembukaan sampai target vaksinasi 70%-80% tercapai. Perdana Menteri Queensland Annastacia Palaszczuk pada hari Kamis memperingatkan pembukaan kembali perbatasan dapat memicu lonjakan infeksi di negara bagiannya, yang memiliki 18 kasus aktif, dan mengusulkan kontrol yang lebih ketat “sampai saya dapat membuat setiap anak divaksinasi”.

Efek pada pasar : EURAUD Bullish
Trade plan: BUY EURAUD @1.60131; S1=1.59650; S2=1.59085; S3=1.58025; TP @area 1.60650-1.61740

https://www.cnbc.com/2021/09/02/ecb-lagarde-tapering-announcement-at-december-meeting-analysts-say.html

https://www.reuters.com/world/asia-pacific/delta-puts-australias-covid-19-reopening-schedule-doubt-2021-09- 03/

About Reza Aswin

Check Also

Inflasi Inggris berada di Tingkat Tertinggi dalam 10 Tahun

Rio Wibawa Jakarta, 18 November 2021, 09:17 WIB   Angka data inflasi Inggris yang berada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Hubungi Kami