Saturday , 26 September 2020

#blackmonday

Reza Aswin | 25 Agustus 2015

 

Trending topik di twitter hari senin kemarin adalah #Black Monday. Dalam hitungan menit Dowjones jatuh 1000 point dan ini merupakan hasil kekecewaan atas minimnya langkah kebijakan pelonggaran moneter dari bank sentral China selama akhir pekan sehingga memicu aksi sell off. Para pelaku pasar tadinya berharap bahwa PboC akan memangkas giro wajib minimum (RRR) untuk mengatasi pelambatan ekonomi.

Banyak orang menilai bahwa market sepertinya dalam keadaan kacau dan mulai tidak dapat di prediksi. Jika itu penilaian kita maka kita juga akan masuk kedalam ruang kepanikan yang sama dengan para pelaku pasar lainnya tanpa mempunyai alasan yang jelas. Jika dilihat dari stasiun TV CNBC pada hari jumat, sebenarnya kita telah diingatkan tentang gejolak yang akan muncul, tetapi karena akan long weekend, maka kita tidak fokus memperhatikannya, termasuk saya tentunya. Beberapa analis mengatakan bahwa disaat euro dalam keadaan melemah, investor besar meminjam dana murah di Zona Eropa untuk memasukannya di Equitas dan saat pasar equitas bergejolak maka dana tersebut kembali mengalir ke Euro. Dapat kita lihat bahwa penarikan dana besar besaran disemua pasar ekuitas merupakan strategy bank investasi besar sehingga dapat memberikan atmosfir SELL – OFF mulai dari pasar asia sampai pasar amerika.

Akankah ini berlanjut ? Sudah sering kita bahas bahwa semua kepanikan dipasar pasti akan bersifat sementara, tetapi jangan mentang mentang sementara maka semua parameter diabaikan,  Adapun kita harus mengetahui pertimbangan strategis dalam melihat market yang sedang bergejolak seperti ini, antara lain :

  1. Deflasi sedang mengancam perekonomian dunia dan tentunya perbaikan perekonomian akan terjadi sedikit demi sedikit, saya ulangi sedikit demi sedikit, untuk itu selalu pantau indikator ekonomi yang berhubungan dengan inflasi dan pertumbuhan ekonomi.
  2. Keadaan ini merupakan pindahnya aliran dana dari Ekuitas ke safe heaven + Euro, sehingga mulailah memantau pembalikan nya dengan melihat point pertama.
  3. The Fed tetap akan menaikan suku bunga tahun ini dan kita akan melihat penguatan US disemua lini saat angin hawkish mulai berhembus dalam beberapa waktu kedepan, pantau obligasi US tenor 10 tahun.
  4. Saat The Fed meluncurkan QE pertama dan kedua pasar ekuitas turun tajam dan setelah itu berbalik bersama dengan perbaikan ekonominya.
  5. Ini merupakan startegi Bank Investment yang mempunyai jangka waktu lama dan bukan 1 atau 2 hari, sehingga mulailah berfikiran dan membuka mindset terhadap semua yang terjadi menurut arah besar market kedepannya.

Banyak orang melakukan ” ALL TALK – NO ACTION” disaat pasar sedang bergerak seperti hari senin, maka mulailah anda mengurangi bicara dan mulai fokus dalam menganalisa pasar. Saat kita masuk kedalam market dan mendapatkan hasil tidak baik, itu merupakan pelajaran terbaik dari pada berbicara dan tidak pernah berani untuk memasuki market yang sedang bergejolak. Fokus terhadap Analysis ,Trading plan, Action and Pray merupakan rangkaian yang tidak dapat dipisahkan saat kita bertransaksi. Profesional trader biasanya mempunyai karakter yang moody dan Itu pula sebabnya Batman selalu menggunakan Topeng saat mengejar dan menghajar musuhnya pada saat beraksi walaupun ada waktunya Bruce Wayne harus terkena hantaman keras dikepalanya dari Joker . Saya menjadi ingat status big client saya yang menulis :

“I may Lose the Battle, but I will Win the War”

About Reza Aswin

To contact the editor responsible for this story : Reza Aswin at PT. ABC Future Indonesia, Email : rezafile1966@gmail.com

Check Also

Party is Over

Reza Aswin, 8 Mei 2017 Party is Over   Bagi para analis Fundamental, ini merupakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Hubungi Kami